Recent Posts

Monday 3 March 2014

Tugas Sistem Informasi Management

Perusahaan Smartfren
Smartfren
smartfren (PT Smartfren Telecom Tbk, pernah dikenali sebagai Mobile-8 (PT Mobile-8 Telecom Tbk)) adalah operator penyedia jasatelekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang memiliki lisensi selular dan mobilitas terbatas (Fixed Wireless Access/FWA), serta memiliki cakupan jaringan CDMA. Smartfren menggunakan teknologi EV-DO (jaringan mobile broadband yang setara dengan 3G) pertama di Indonesia.
Presiden Direktur smartfren sejak 23 Maret 2011 adalah Rodolfo Pantoja.
Susunan Direksi & Dewan Komisaris PT Smartfren Telecom Tbk per 13 Juni 2013:

Dewan Komisaris
Presiden Komisaris 
: Ir. Gandi Sulistiyanto Soeherman
Komisaris/Independen
: DR. Ir. Deddy Saleh
Komisaris/Independen
: Ir. Sarwono Kusumaatmadja
Komisaris/Independen            
: Reynold Manahan Batubara
Komisaris
: Handra Karnadi
Direksi
Presiden Direktur
: Rodolfo Paguia Pantoja
Direktur
: Merza Fachys
Direktur
: Antony Susilo
Direktur
: Marco Paul Iwan Sumampouw
Direktur
: Yopie Widjaja

Sejarah
Perseroan didirikan pada bulan Desember 2002. Pada tahun 2003, Perseroan melakukan akuisisi dua operator telepon selular berlisensi, yaitu Komselindo dan Metrosel. Setelah akuisisi tersebut, Perseroan mulai beroperasi sebagai penyelenggara jasa selular berbasis teknologi CDMA. Perseroan meluncurkan produk Prabayar dengan merk “FREN” yang dioperasikan pada Desember 2003 dengan berbasis jaringan CDMA 2000-1X, dan disusul pada April 2004, peluncuran produk Pascabayar pada jaringan yang sama. Seiring dengan perkembangannya, Perseroan mengakuisisi satu lagi operator telepon berlisensi selular yaitu Telesera. Perseroan kemudian menyelesaikan peralihan sistem telekomunikasi yangdigunakan oleh ketiga operator berlisensi tersebut dari sistem selular analog (AMPS) menjadi sistem selular digital CDMA. Pada tahun 2006, Perseroan meluncurkan layanan 3G melalui jaringan CDMA EVDO, serta melakukan pencatatan perdana saham pada Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta). Tahun 2007, Perseroan menerbitkan obligasi Rupiah pertamanya yang juga dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. Kemudian Perseroan juga menerbitkan Eurobond yang dicatatkan di Bursa Efek Singapura. Pada April 2008, Perseroan memperkenalkan fitur baru yaitu “World Passport” yang menjadikan Perseroan menjadi operator CDMApertama di dunia yang bergabung dengan Asosiasi GSM. Hal ini memungkinkan pelanggan dapat melakukan roaming internasional ke berbagai penjuru dunia, baik di jaringan selular CDMA maupun GSM. Pada Mei 2008, Perseroan meluncurkanproduk FWA (Fixed Wireless Access) Prabayar. Pada Februari 2009 Perseroan meluncurkan produk baru yaitu layanan Mobile Data pascabayar dan prabayar. Untuk lebih melengkapi portofolio produknya, pada Mei tahun yang samaPerseroan meluncurkan layanan FWA Pascabayar dan Fren Duo, yaitu layananhybrid yang menggabungkan layanan selular dan FWA, dengan fitur ini pelanggan dapat memiliki dua nomor FWA dan selular dalam satu kartu.
Pada tahun 2010 Perseroan meluncurkan 2 kartu perdana baru dengan keunggulanyang berbeda, Fren Extra dan Fren Jos. Fren Extra memberikan bonus volume data ketika mengirim SMS dan bonus pulsa ketika menerima panggilan. Sedangkan Fren Jos adalah produk hybrid seperti Fren Duo yang memberikan berbagai bonus SMS, bonus volume data dan bonus pulsa setiap pengisian pulsa biasa. Pada awal tahun 2011, Perseroan melakukan aksi korporasi dengan meningkatkan modal ditempatkan dan disetor penuh untuk mengakuisisi PT Smart Telecom (Smartel) dan kemudian melakukan perubahan nama dari sebelumnya PT Mobile-8 Telecom Tbk menjadi PT Smartfren Telecom Tbk. Aksi korporasi ini bertujuan untuk melakukan sinergi dengan Smartel dalam berbagai aspek, di antaranyapengembangan infrastruktur jaringan, peningkatan efisiensi operasional, perluasan jaringan pemasaran dan penggabungan merek dagang menjadi “smartfren”. Pada Juni 2011, Perseroan meluncurkan produk unggulan yaitu USB Modem tipe AC682, dibarengi dengan kampanye “I hate slow” dengan maskot baru bernama Mr. Kwik. Layanan data ini menghadirkan akses data kecepatan tinggi dengan mengusung teknologi EV-DO Rev. A dengan kecepatan download mencapai 3,1 Mbps. Pada akhir tahun 2011, Perseroan kembali meluncurkan gebrakan baru dengan mengusung teknologi CDMA EV-DO Rev. B yang menghadirkan layanan internet super cepat dengan kecepatan download mencapai 14,7 Mbps.
 Pada awal tahun 2012, Perseroan melakukan aksi korporasi lagi dengan melakukanPenggabungan Nilai Saham (Reverse Stock Split) untuk menghidupkan kembali perdagangan sahamnya di bursa efek, dan diikuti dengan Penawaran Umum Terbatas II yang dimaksudkan untuk memperkuat struktur permodalan Perseroan.Pada tahun 2012, Perseroan melanjutkan ekspansi dengan terus mengembangkan cakupan jaringan dan varian produk. Beberapa produk yang diluncurkan pada jajaran smartphone berbasis Android adalah Seri Andromax, yang diluncurkan sepanjang 2012 dengan beberapa tipe varian (Smartfren Andro, Andromax-i, danAndromax Tab 7.0). Perseroan juga menyediakan layanan BlackBerry kepada pelanggan, dengan beragam paket berlangganan sesuai kebutuhan dari pelanggan di antaranya paket Hebat, Hemat Simple, Mail, Social, dan Sosialita. Pada segmenfeature phone Perseroan meluncurkan produk unggulan seperti telepon genggam X-Stre@m EV-DO Hotspot dan Jambu. Pada produk USB modem, Perseroan meluncurkan berbagai varian seperti USB modem super tipis CE/AC782 denganteknologi EV-DO Rev. A, USB modem WiFi EV-DO Rev. B DF 79B, Mini RouterAR910B dan WiFi Router HR950B yang mengusung teknologi EV-DO Rev. B. Di samping itu Perseroan juga meluncurkan layanan data yang baru yang dikenal dengan Smartfren Connex EVO (Extra Volume Only) yang merupakan paket langganan data dimana pulsa isi ulang (top-up) akan otomatis dikonversi menjadi volume data sesuai dengan besarnya denominasi pulsa. Perseroan juga melakukan ekspansi untuk memperluas jangkauan areanya yaitu dengan menambah jumlah BTS(Base Transceiver Stations) dengan cara menyewa ke beberapa penyedia menara.Terkait dengan layanan data, Perseroan juga menambah kapasitas lebar pita dalam negeri maupun keluar negeri untuk memastikan kenyamanan dari pelanggan yang menggunakan internet khususnya untuk dapat terus menikmati pengalamanberinternet yang cepat dan memuaskan. Pada akhir 2012, jangkauan layanan Perseroan telah mencakup seluruh pulau Jawa–Bali, sebagian wilayah Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, Sulawesi, serta Kalimantan. Perseroan memilikikurang lebih 11 juta pelanggan, dengan didukung oleh 83 galeri milik sendiri dan 70 Smile galeri hasil kerjasama dengan distributor yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.
Produk
Produk yang dikeluarkan oleh smartfren adalah :
·         Kartu Smart
·         Kartu Fren
·         Kartu Hepi
·         Mobi
·         Kartu Smartfren Kwik
·         Kartu Smartfren LokalPlus
·         Kartu Smartfren (Smart) Extra
·         Kartu Smartfren (Fren) Extra
·         Kartu Smartfren Social
·         Kartu Ummat
·         HP Smartfren EV-DO XStre@m
·         HP Smartfren andro
·         HP Smartfren andro Max
·         Smartfren Connex
·         dan lain-lain



   

Omset Perusahaan




Saham Perusahaan





Sumber Daya Manusia
Perseroan berkeyakinan bahwa sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga bagi pertumbuhan dan kelangsungan Perseroan di masa yang akan datang. Karena itu Perseroan terus melakukan pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia pada organisasi. Sepanjang 2012, Perseroan melakukan penelaahan secara menyeluruh pada sumber daya manusia, yang bertujuan untuk melakukanpenempatan sumber daya yang sesuai dengan kompetensinya. Perseroan juga mengadakan berbagai pelatihan yang difokuskan untuk meningkatkan kinerja sumber daya sehingga menghasilkan organisasi yang lebih tangkas dan prima dalam menghadapi tantangan dan kebutuhan perkembangan industi telekomunikasi.
Per tanggal 31 Desember 2012, Perseroan memiliki karyawan sejumlah 2.018 orang dengan komposisi sebagai berikut:



Anak Perusahaan
Mobile-8 Telecom Finance BV (M-8 BV)
M-8 BV didirikan pada tanggal 18 Juli 2007 awalnya beralamat di Herengracht 450, 1017 CA AmsterdamBelanda. Namun pada tanggal 1 September 2010, M-8 BV memindahkan pusat aktifitasnya ke Jalan 54 Clarendon Road, Watford WD17, 1DU, LondonBritania Raya.
M-8 BV sepenuhnya dimiliki oleh PT Smartfren Telecom Tbk. M-8 BV bergerak di bidang keuangan seperti mencari pendanaanpinjam dan meminjamkan modal, memberikan jasa konsultasi, dan hal-hal bersifat industri finansial dan komersial lainnya.
PT Smart Telecom (Smartel)
Smartel didirikan berdasarkan Akta PT Indoprima Mikroselindo No. 60 tanggal 16 Agustus 1996, yang dibuat di hadapan Achmad Abid SH, Notaris pengganti dari Sutjipto SH, Notaris di Jakartajuncto Akta Perubahan Anggaran Dasar PT Indoprima Mikroselindo No. 195 tanggal 25 April 1997, yang dibuat di hadapan Sutjipto SH, Notaris di Jakarta, yang telah :
1.     Memperoleh pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia berdasarkan Keputusan No. C2-7023 HT.01.01.TH97 tanggal 25 Juli 1997
2.     Didaftarkan di Kantor Pendaftaran Perusahaan Kodya Jakarta Pusat di bawah No. 1209/BH.09.05/VIII/1997 tanggal 26 Agustus 1997
3.     Diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia (BNRI) No. 90 tanggal 11 November 1997, Tambahan No. 5282.
Anggaran Dasar Perseroan sebagaimana dimuat dalam Akta Pendirian telah mengalami beberapa kali perubahan dengan perubahan terakhir dilakukan berdasarkan Akta Pernyataan Keputusan Rapat Smartel No. 23 tanggal 22 Juli 2011 dibuat di hadapan Sri Hidianingsih Adi Sugijanto SH, Notaris di Jakarta dan telah diterima dan di catat dalam database Sistem Administrasi Badan Hukum Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia berdasarkan Penerimaan Pemberitahuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan No. AHU-AH.01.10.27540 tahun 2011tanggal 24 Agustus 2011.
Smartel merupakan operator telekomunikasi dengan izin penyelenggaraan jaringan bergerak seluler dengan teknologi CDMA2000 1x dan EV-DO yang bergerak di Frekuensi 1900Mhz.
Anak Perusahaan yang dimerger
Anak Perusahaan PT Smartfren Telecom Tbk yang dimerger yaitu :
·         PT Telekomindo Selular Raya (Telesera)
·         PT Metro Selular Nusantara (Metrosel)
·         PT Komunikasi Selular Indonesia (Komselindo)
·         PT Menara Jakarta
Keempat anak perusahaan tersebut pernah menjadi bagian dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT Global Mediacom Tbk (dulu Bimantara Citra) yang dileburkan bersama PT Mobile-8 Telecom Tbk dan selanjutnya diakuisisi oleh PT Smart Telecom Tbk menjadi PT Smartfren Telecom Tbk

Link :

0 comments:

Post a Comment